Minggu, 22 Januari 2012

TIPS MERAWAT KOPLING  MOBIL

TIPS MERAWAT KOPLING  MOBIL

TIPS AGAR KANPAS/PLAT KOPLING/DISC CLUTCH MOBIL LEBIH AWET/TAHAN LAMA

Menipisnya kanvas kopling tidak bisa ditentukan secara pasti, karena keawetan masa pakainya tergantung dari berbagai hal. Berikut ini  informasi bagaimana agar kanvas kopling menjadi lebih awet :

- Biasakan Gigi versneling selalu dalam posisi netral di lampu merah

- Biasakan mengganti Part Seal krek as belakang sewaktu turun kopling dengan Qualitas yang bagus, Untuk menghindari kebocoran lebih dini yang akan menyebabkan oli menempel pada plat kopling dan plat kopling menjadi slip


- Sewaktu kemacetan di jalan raya yang cukup parah biasakan posisi gigi selalu dalam posisi netral


- Jangan menggunakan setengah kopling saat macet dijalan menanjak untuk menahan mobil agar tidak mundur ataupun kebiasaan terlalu lama menginjak pedal kopling. Biasakanlah menggunakan bantuan rem tangan untuk menahan agar mobil tidak mundur disertai dengan posisi gigi netral dan segera lepaskan pedal kopling setelah melakukan perpindahan gigi khususnya pada transmisi manual.

- Pilih dan gunakanlah oli yang berkualitas serta rajin menggantinya secara berkala. Untuk mobil transmisi matic, disarankan mengganti oli transmisi setiap 5.000 kilometer (km), bersamaan dengan penggantian oli mesin. Lalu, setiap 20.000 km dianjurkan oli dikuras dan diganti baru, diikuti dengan penggantian filter oli transmisi. Hal ini untuk mengeluarkan serpihan-serpihan serbuk halus akibat kanvas kopling yang saling bergesekan.
- Pada mobil transmisi manual, biasakanlah melakukan perpindahan transmisi dengan sedikit menurunkan putaran (rpm) mesin. Pada mesin otomatis, biasakanlah memberhentikan dulu mobil sebelum melakukan perpindahan tranmisi dari D ke P ataupun sebaliknya. Perpindahan persneling dari D (Maju) ke P (Mundur) ataupun sebaliknya yang terburu-buru hingga tidak menunggu hingga roda berhenti berputar, bisa berakibat terjadi benturan yang keras pada bagian transmisi karena keadaan yang tidak tepat serta menyebabkan kanvas kopling bergesekan keras sehingga cepat terkikis.

- Master Kopling Atas dan Master Kopling Bawah sebaiknya dalam kondisi bagus/tidak bocor. Kalau Kit Koplingnya Telat balik maka akan selalu menekan plat kopling dan plat kopling dalam kondisi yang tidak netral/tergesek terus, sehingga plat kopling cepat tipis.

- Part Kopling Set ( plat kopling, matahari/dekrup, drek laher dan laher Flywheel) sebaiknya pada waktu penggantian, diganti dengan Qualitas yang bagus.


MASALAH KOPLING MOBIL DAN PENYEBABNYA :


- Kopling Mobil bergetar : kuku Matahari/Dekrup Kopling Sudah aus minta di ganti
- Mobil tidak ada tenaganya/Akselerasi tidak ada : Plat Kopling Tipis
- Kopling bunyi sewaktu idle/stationer : Laher /Bearing Flywheel ( Roda gila ) Aus bisa juga per Plat kopling longgar
- Bunyi kopling sewaktu di Injak pedal Kopling : Drek laher kopling Rusak/aus
- Bunyi kopling mobil  ( kecuali dua hal di atas ) : Gigi susun Transmisi/Versneling bunyi
- Injakan Pedal kopling Keras : Dekrup/Matahari Mulai aus/rusak bisa juga master kopling macet
-  Minyak Rem Berkurang : Master Kopling atas/bawah bocor


MERK KOPLING MOBIL :

- Valeo ( rata- rata untuk mobil Korea )
- Daikin
- Aisin

Ide tulisan : Situs otomotif
http://azmot.blogspot.com/2011/02/tips-agar-kanpasplat-koplingdisc-clutch.html

2 komentar:

  1. mobil ane cakra 96, kalo masuk gigi satu bisa jalan tanpa di gas. knp ya? pdhl stationer dah disetel

    BalasHapus