Sabtu, 09 Juli 2011

Dinamo Starter dan masalahnya

Kerusakan Dinamo Starter dan Solusinya :
  • Jika Motor Starter tidak bertenaga ( ngek..ngek.), penyebab yang paling sering adalah arus yang mengalir ke motor starter kecil sehingga tidak kuat memutar motor starter, solusinya periksa kabel atau terminal aki ke starter atau kebalikannya, bisa juga karena arus aki udah lemah, periksa tegangan aki.
  • Motor starter bersuara , penyebab paling umum adalah roda gigi kecil ( bendix) pada motor starter yang memutar flywheel pada mesin distart udah aus atau rusak, solusi ganti bendix dengan yang baru.
  • Jika Motor Starter tidak mau distart ( bunyi tek..tek..), penyebab paling umun adalah arus switch (solenoid) starter yang sudah lemah, dan bisa juga dari strum kunci kontak yang sudah lemah arusnya, bisa ditambah relay untuk memperbesar arusnya.



Relay utk Dinamo Starter :
  1. kabel yang dilepas jadikan socket No. 85
  2. socket No.30 pada relay sambung ke aki (+) , dengan sebelumnya diberi fuse
  3. socket No.86 sambungkan ke gound(-)
  4. socket No 87 sambungkan ke jack socket dinamo stater
kalau bisa gunakan relay yang besar seperti FoMoCo yang dianjurkan pabrikannya sebagai relay dimaksud  kalau bisa kabel disolder, jangan hanya diklem aja diterminalnya


Kenapa harus menggunakan Relay?
  1. ground/masa bodi susah mulai keropos arus listrik sampai speck aki 12,4V
  2. switch selenoid stater ( yang disambung kabel 87 ) tidak cepat panas dan rusak , apalagi klu Kendaraan Rekan Rekan staternya tidak bisa sekali start dan hars beberapa kali.pastinya akan mengakibatkan swicth starter panas 
Hal tersebut di akibatkan :
  1. BVSV tidak terpasang , sehingga choke opener tidak berfungsi
  2. kabel tidak rapi , sehingga fungsi karbu kurang maksimal
  3. VTV nya tidak baik sehingga tidak bisa menahan RPM di stationer tertentu ketika pagi
  4. OVV mati, atau tidak berfungsi baik, udara bensin tabrakan

Gambar di copy dari http://www.dansmc.com/motoguzzi_starter1.jpg

 Mobil susah dan tidak bisa distart:
Bagian starter yang penting antara lain :
1. Switch Starter (solenoid switch)
3. Bendix starter 5. Arang Starter (Carbon Brush)
Apa yang harus anda lakukan ?
yang harus anda lakukan adalah mempelajari
gejala2 yang timbul saat starter tidak mau bekerja, dari gejala2 tersebut dapat
di tebak kemungkinan sumber kerusakan.
Gejala2 gejala yang sering muncul pada saat
kita start antara lain :
1.      Lampu indikator battery dan Oli pada dashboard
tidak menyala sama sekali. 75% fusiblelink (kabel lemas kecil dengan soket
putih dekat dengan terminal aki +) kotor atau putus. kemungkinan lain adalah
kepala aki kotor dan atau aki anda terkuras total setrumnya (jarang sekali).
2.      Lampu indikator battery dan oli pada
dashboard (warna merah) nyala namun meredup ketika di starter, 90% aki anda rusak atau
kurang setrum.
3.      Tedengar suara “gemeretek “
berulang ulang 75% aki anda rusak atau kurang setrum. 20% kepala aki kotor
atau kabel ground anda sudah korosi.
4.      Terdengar suara mesin berputar tetapi
lemah seperti “ngeek..ngek…ngek….”. 75% bushing starter aus
sehingga anker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya maka
perputarannya menjadi sangat berat. 10% ada kemungkinan mesin anda
terlalu berat untuk diputar, misalnya terjadi kerusakan pada crank saft,
sistem timing dll.
5.      Terdengar suara “cek..” satu
kali saja setiap kali memutar kunci kontak…50% switch starter atau yang
disebut solenoid switch(pada
gambar no.6) sudah tidak berfungsi dengan baik. 40% kunci kontak
anda kotor atau sudah aus. untuk mobil yang menggunakan relay starter 40%
itu ada pada kerusakan relay.
6.      Starter terkadang dimulai dengan suara
berat lalu enteng dan mesin hidup. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan
penyetelan Fur dan Na..delco.
7.      Pagi hari tidak dapat starter, pada
siang hari starter lancar. 80% aki sudah soak tidak dapat menyimpan setrum
untuk waktu yang lama.
8.      Saat pagi mudah starter, jika sudah
dipakai agak lama (panas) susah starter. 80% switch starter / solenoid switch(pada gambar no.6)
anda rusak.
9.      Saat distarter tidak ada reaksi sama
sekali, tidak ada bunyi. 50% gulungan starter anda Hangus atau terbakar /korslet.
45% Relay starter atau kunci kontak anda bermasalah.
10. Saat distarter terdengar suara dinamo
starter mutar mendesing kencang “ssing…” 80% bendix starter(no 25 pada gambar)
anda
Dull/dol.
11. Terkadang bisa starter terkadang tidak,
baik dalam keadaan panas maupun dingin, pagi atau malam. 75% Carbon Brush
starter anda sudah pendek.
Setelah mempelajari gejala2 yang timbul,
agar lebih detail mengetahui penyakit mobil anda, yang harus dilakukan adalah :
1.      Lakukan pengecekan Voltase battery
anda, Battery yang bagus biasanya voltasenya tidak dibawah 12.4V, jika
dibawah itu mungkin bisa saja starter namun tidak untuk starter panjang dan
berulang ulang.
2.      Jika analisa dari gejala gejala yang
timbul diatas menjadikan starter sebagai tersangka utama maka lakukan
pengetesan starter secara langsung. Dengan cara menggabungkan sumber setrum
pada switch starter(pada gambar
no.8) biasanya baut 12 dengan
kabel tembaga yang besar dengan terminal kunci kontak
(no. 9 pada gambar) yang terletak
di switch starter juga (disamping kiri yang terdapat satu kabel terpasang
padanya. Cabut kabel tersebut maka akan terlihat sebuah terminal kecil). “SEBELUM
MELAKUKAN HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI PADA POSISI NETRAL” 
Gabungkan
no 8 dan no 9 dengan kabel atau obeng logam. Pada kondisi normal maka
starter akan memutar mesin. Jika iya berarti kunci kontak anda atau relay
anda bermasalah. Jika tidak coba lakukan pengetesan no 3.
3.      Jika cara diatas belum dapat
mempersempit permasalahan lakukan penggabungan terminal no 8 pada gambar
dengan terminal no 7 pada gambar yaitu berupa dua terminal baut 12 yang
terdapat pada switch starter. Pada kondisi normal seharusnya Starter akan
memutar dengan kencang tanpa memutar mesin. (karena gigi bendix tidak
didorong oleh switch starter jadi tidak memutar flw wheel). jika tidak maka
permasalahan kemungkinan besar terdapat pada dinamo starter anda, bisa
karena gulungan yang terbakar atau brush starter yang habis. bisa pula
karena kabel penyampai strum anda dari aki ke starter (ke terminal no 8 pada
gambar ) tidak terhubung secara benar.


Sumber: 
http://www.galerimotor.com/starter.htm
http://daihatsu-classy.blogspot.com/2011/05/relay-dinamo-starter.html
http://daihatsu-classy.blogspot.com/2011/04/mobil-susah-dan-tidak-bisa-di-start.html

    8 komentar:

    1. informasi yang sangat lengkap dan berguna, terima kasih banyak

      BalasHapus
    2. aki cepat soak penyebabnyah apa yaa. ?
      padahal kabel kabel uda pola baru. . diganti semua. . ga ada yg konslet. .
      tolong penjelasan nyh . .

      BalasHapus
    3. Mobil sya masalahnya seperti yg no. 5 cek cek . Ajj. Gmna ya cara bnerinnya . Makasih .

      BalasHapus
    4. apa penyebab soket kunci kontak meleleh
      kabel terasa panas.?
      mohon penjelasan nya..terimakasih

      BalasHapus
    5. Lampu indikator nyala terus..Apa penyebab nya

      BalasHapus
    6. om ada kenalan bengkel terpercaya dan asik g? bisa di panggil krmh. charade ane mati, anenya masih di medan

      BalasHapus