http://mulyantogoblog.wordpress.com/2011/03/21/charade-melepas-long-tie-rod/
CARA MELEPAS LONG TIE-ROD
Menindak lanjuti masalah tie rod, saya dongkrak kedua roda xg10. Cek roda depan kanan, hasilnya oke. Cek roda depan kiri, goyang roda bawah dan atas oke, goyang roda depan belakang… eh goyang. Dilihat long tie rod-nya sambil digoyang, memang long tie rod-nya sudah oblak dikit.
Turunkan roda, kendorkan mur2 roda. Dongkrak lagi roda depan, lepaskan mur2 roda. Kemudian copot roda depan kiri.
Weleh susah banget melepas mur ini, semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… masih belum bergerak sedikitpun. Semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… mur-nya masih belum bergerak juga. Sempat menyesal, kenapa ngga dibawa ke bengkel saja


Selanjutnya melepas mur pada bagian bawah tie-rod. Luruskan dulu kawat pengganjal dengan tang. Setelah lurus, tarik kawat keluar.
Selanjutnya copot murnya.
Melepas baut tie rod dengan menggunakan palu

Penggunaan palu sebenarnya tidak ada di manual, seharusnya menggunakan alat khusus. Kalau baut tie-rod sudah lepas, selanjutnya melepas tie rod dari rack end.

Lepas tie rod dengan menggunakan dua kunci 17. Kencangkan mur sampai mentok. Kunci pada mur selanjutnya sebagai penahan. Putar kunci 17 yang pada tie-rod berlawanan arah jarum jam.

Update 31 maret 2011 :
Tadi sudah beli long tie rod merk IMC. Harganya 105 rb, isinya sepasang. Terus pasang sendiri. Cuman belum di spooring, yang diganti cuman yg kiri. Mau ganti yg kanan takut kena rack-end nya


waduh.... itu sich melepas tie rod... bukan long tie rod... bijimane sich.
BalasHapusIya, saya jga sementara melepas tie rod Feroza bgan kiri, mungkin long tierodnya. Belum bisa dilepas, mknya mau lihat contohnya. Tolong dong admin, tksh.
BalasHapus