Sabtu, 23 Juli 2011

Cara Melepas Long Tie-Rod

Copy paste dari sumber link : 
http://mulyantogoblog.wordpress.com/2011/03/21/charade-melepas-long-tie-rod/
CARA MELEPAS LONG TIE-ROD
Menindak lanjuti masalah tie rod, saya dongkrak kedua roda xg10. Cek roda depan kanan, hasilnya oke. Cek roda depan kiri, goyang roda bawah dan atas oke, goyang roda depan belakang… eh goyang. Dilihat long tie rod-nya sambil digoyang, memang long tie rod-nya sudah oblak dikit.
Turunkan roda, kendorkan mur2 roda. Dongkrak lagi roda depan, lepaskan mur2 roda. Kemudian copot roda depan kiri.
Inilah long tie rod yang oblak
Buka mur dengan kunci 17 dengan memutar searah jarum jam
Weleh susah banget melepas mur ini, semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… masih belum bergerak sedikitpun. Semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… mur-nya masih belum bergerak juga. Sempat menyesal, kenapa ngga dibawa ke bengkel saja :D . Semprot lagi dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… horee murnya mau berputar dikit. Semprot dengan WD-40. Biarkan beberapa menit. Ketuk2 kunci 17-nya dengan palu… murnya pun mau berputar lancar :) .
Luruskan kawat penjepit mur dengan tang
Selanjutnya melepas mur pada bagian bawah tie-rod. Luruskan dulu kawat pengganjal dengan tang. Setelah lurus, tarik kawat keluar.
Tarik keluar kawatnya
Selanjutnya copot murnya.
Copot mur dengan kunci 17
Melepas baut tie rod dengan menggunakan palu :)
Ketok keatas baut tie rod dengan palu
Penggunaan palu sebenarnya tidak ada di manual, seharusnya menggunakan alat khusus. Kalau baut tie-rod sudah lepas, selanjutnya melepas tie rod dari rack end.
Lepas tie rod dengan menggunakan dua kunci 17. Kencangkan mur sampai mentok. Kunci pada mur selanjutnya sebagai penahan. Putar kunci 17 yang pada tie-rod berlawanan arah jarum jam.

Kalau sudah ringam diputarnya, copot dengan tangan kosong
Kalau sudah ringam diputarnya, copot dengan tangan kosong.
Tarrrraaaa... long tie rod pun terlepas.
Laporan kali ini hanya cara melepas long tie rod. Cerita mencari dan memasang tie rod baru nanti sesudah gajian bulan depan :D hahahahaha.
Update 31 maret 2011 :
Tadi sudah beli long tie rod merk IMC. Harganya 105 rb, isinya sepasang. Terus pasang sendiri. Cuman belum di spooring, yang diganti cuman yg kiri. Mau ganti yg kanan takut kena rack-end nya :D (gara-gara pake palu). Hikmahnya mendingan beli long tie rod sendiri, terus bawa ke bengkel minta ganti tie-rod dan spooring :) .

2 komentar:

  1. waduh.... itu sich melepas tie rod... bukan long tie rod... bijimane sich.

    BalasHapus
  2. Iya, saya jga sementara melepas tie rod Feroza bgan kiri, mungkin long tierodnya. Belum bisa dilepas, mknya mau lihat contohnya. Tolong dong admin, tksh.

    BalasHapus