Jumat, 08 Juli 2011

Thermoswitch

Thermoswitch, adalah sensor yang mengubah dari panas menjadi listrik dan bersifat switch yang berfungsi mengatur on/of dari kipas radiator .
Untuk mobil yang masih menggunakan sistem fan radiator manual alias menggunakan putaran mesin untuk menggerakkan kipas, tentu akan membebani mesin dan mengurangi power mesin.

Bagi yang ingin upgrade menjadi Fan Elektrik radiator tentu tidaklah susah, untuk rangkaian fan elektrik anda bisa liat pada Schematic Diagram Fan Elektrik Radiator Otomatis, sedangkan penggunaan thermo switch bisa mengadopsi dari mobil-mobil jepang lain yang mudah ditemui ditoko onderdil terdekat.

Untuk mencapai pendinginan yang optimal tentu tergantung spesifikasi dari thermo switch, yakni pada temperatur berapa dia menghubung dan memutus. Sebaiknya pergunakan thermo switch mesin bertemperatur tidak terlalu tinggi, seperti mobil-mobil daihatsu.

Jika diperhatikan Kendaraan kita apakah level temp naik turun begitu drastis, misalnya jika ditol 1/4, ttp jika macet2 1/2, itu menandakan termostat sdh tidak ada atau sudah di lepas begitu juga saat kita posisikan kontak dalam keadaan On jika terdengar suara kipas radiator langsung menyala maka bisa dipastikan bahwa termoswicth sdh tidak difungsikan dan di langsungkan hal ini akan mempengaruhi konsumsi listrik dan membebani aki . Berikut diagram pemasangan thermoswicth:
Kipas radiator/ fan radiator yang sudah menggunakan kipas elektrik memungkinkan untuk menjaga temperatur mesin stabil pada suhu kerjanya, karena kipas akan berputar dan berhenti mengikuti thermo switch sebagai pengontrol temperatur.
Pada saat temperatur dingin, maka switch temperatur dalam kondisi memutus, sehingga relay tidak bekerja, pada saat mesin panas maka swicth temperatur akan terhubung dan mengaktifkan relay, sehingga kipas akan berputar sampai temperatur tertentu switch akan memutus lagi, dan begitu seterusnya, sehingga kipas radiator akan berputar secara otomatis sesuai dengan temperatur mesin.
Untuk rangkaian listriknya bisa di modifikasi sedemikian mungkin, bisa menggunakan pengendali min atau plus
Untuk toyota rata2 mereka menggunakanauto thermo yang contak pada saat dingin dan membuka di saat panas, jadi kipas akan berputar di saat input relay tidak terhubung dengan ground, dan akan mati di saat input relay terhubung dengan ground.
Keuntungan sistem tersebut adalah pada saat thermo switch putus/ lepas/rusak, mesin tidak sampai overheat, bahkan temperatur tidak naik, paling2 cuma sperempat temperatur karena kipas radiator berputar terus menerus.

Sumber: http://daihatsu-classy.blogspot.com/2011/03/termoswicth.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar