Jumat, 08 Juli 2011

AC

Sistem AC kendaraan
Air Conditioning, AC sebuah perangkat pengatur udara dalam kabin kendaraan meliputi kelembaban, sirkulasi, kebersihan serta temperatur udara yang mutlak diperlukan dalam setiap kendaraan. Ada tiga model AC.

1. AC biasa (Khusus pendingin)
Pada model ini, sistem AC hanya memproduksi udara dingin. Bila menghendaki tidak dingin. Maka sangat mudah tinggal menekan/menggeser tombol ke posisi off. Model ini biasa terdapat pada kendaraan jenis passenger seperti model kijang dan sejenisnya.

2. AC Pengatur dingin & hangat
Jenis ini lebih sempurna setingkat dibanding model AC biasa. Selain dapat diatur temperatur dinginnya, dapat juga diatur pada temperatur hangat. Jenis ini umumnya dipakai pada kendaraan jenis sedan menengah seperti Corolla, Corona dan sedan sekelasnya.

3. AC Otomatis
Sebuah mikroprosesor (Amplifier)dapat mendeteksi kondisi temperatur luar dan dapat mengirim signal melalui actuator (perangkat AC) sehingga dapat mensuply tempertur udara sesuai keinginan pengendara.Tidak perlu melakukan seting secara manual pada sistem kontrol panelnya. Baik cuaca musin dingin, hujan, kemarau, kabut sekalipun dapat dideteksi secara otomatis.Model ini biasanya dipasangkan pada kendaraan mewah seperti Crown dan sekelasnya.


Expansion Valve
Cairan pendingin yang dikirim dari reservoir disemprotkan ke ang telah melewati expansion valve akan diubah menjadi gas di evaporatoevaporator dengan valve ini.

Heater Unit
Panas dari cairan pendingin yang dipanaskan oleh mesin digunakan untuk memanaskan udara dari kipas.

Compressor
Mesin digerakan oleh Crankcase melalui Pulley dan belt. Ini menekan pendingin, sehingga pendingin berada dalam kondisi tekanan tinggi.

Condenser Fan
Kipas ini mendinginkan Condenser.

Blower Unit
Blower ini termasuk blower motor dan kipas. Alat ini meniup udara ke dalam ruang penumpang.

Evaporator
Pendingin yr. Udara yang melalui evaporator didinginkan dan ditiup keluar sebagai udara dingin.

Pressure Switch
Untuk menjaga kegagalan dari sistem pendingin udara, jika tekanan pendingin terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka Magnet Clutch akan tidak difungsikan oleh swith ini

Condenser
Pendingin yang bersuhu tinggi dan bertekanan tinggi yang berasal dari compressor akan mengalir melalui condenser, dimana larutan ini akan didinginkan dan dicairkan.

Receiver
Pendingin yang dicairkan di condenser kemudian tersimpan di tempat ini untuk di salurkan ke evaporator.

Cooling Unit
Colling unit termasuk evaporator, expansion valve dan thermistor

Sumber: http://www.galerimotor.com/air%20conditioning.htm

4 komentar:

  1. MINTA BANTUANNYA SKEMA PEMASANGAN KABEL AC DAIHATSU CLASSY AD YG PUNYA GAK YA

    BalasHapus
  2. gan ada yang tau service ac mobil charade th 80 dibogor? maklum baru beli mobil panas banget

    Dili Kusmanto
    http://jasavideoprofile.com

    BalasHapus
  3. Misi om saya lagi cari handle/tarikan pintu charade thn 81 bagian dalam.klo ada yg jual tolong info om.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum.. Salam sejahtera om.. saya dcbi Ada kendala di ac, ketika sedang diam ac tiba2 gak dingin, lalu saya gas Dan Ada ledakan alias mbledoooss dibagian output compressor dischardd yang saya tanyakan penyebabnya apa yah.. terimakasi

    BalasHapus